Apakah Anda Berminat Menjadi "Killer Performer"?

on . Posted in Self-Actualization & Motivation

Jack Welch ketika masih aktif menjadi CEO dari GE pernah berucap: “Perform or Die”? Apa yang muncul dalam benak Anda ketika mendengarnya?

Memang terkesan bombastis, ekstrim, hiperbola, atau apapun terserah Anda menamakannya. Namun kalau kita camkan dengan dalam, memang tidak ada pilihan lain dalam hidup kita kecuali memanfaatkan waktu yang ada untuk selalu berproses menuju prestasi puncak.

Banyak orang menggambarkan kebahagian sejati adalah ketika kita sanggup mengelola seluruh sumber daya yang kita miliki menjadi kemanfaatan maksimal bagi dunia di mana kita tinggal. Dunia pekerjaan, profesi, organisasi dan lain sebagainya termasuk dunia agama, keyakinan, nilai-nilai dan norma-norma.

 

Stephen Covey dengan “highly effective people”, Jim Collins dengan “Good to Great”, Jamil Zainy dengan “Sukses Mulia”, Mario Teguh dengan “Super”. Semua berbicara tentang bagaimana manusia menjadi bahagia karena prestasi puncaknya, dalam pekerjaan, keluarga, masyarakat, organisasi, negara, agama, dan sebagainya.

Tanpa bisa disangkal lagi akhirnya, bahwa kebahagiaan sejati, hanya bisa dicapai manakala prestasi puncak tercapai. Dalam setiap prestasi puncak, beberapa elemen seperti: kebiasaan tidak tanggung-tanggung, bukan mediocre, Perform or Die, kinerja yang kaya makna, makna yang dikinerjakan, kesadaran tentang sumber daya dan kemampuan puncak diri, serta kesadaran tentang apa tujuan besar hidup, pasti akan selalu ada.

Mari kita renungkan beberapa pernyataan dan pertanyaan berikut:

  1. Betapa mulianya Anda saat pertama kali Anda dilahirkan.
  2. Bagaimana anda bisa lahir kembali menjadi pribadi yang beraktualisasi melalui prestasi yang dahsyat besarnya sebagai – “Killer Performer”?
  3. Apa peran terpenting Anda di lingkungan Anda dan bagaimana Anda secara cerdas, ikhlas dan dengan penuh kebahagiaan mengelola sumber daya Anda (skill, knowledge, attitude, waktu, hubungan, keyakinan, nilai-nilai dan niat besar Anda) menuju kemanfaatan yang dahsyat besarnya (bukan mediocre) bagi lingkungan, organisasi dan masyarakat Anda?
  4. Mari senantiasa berlatih mengaplikasikan pola-pola teknologi aktualisasi diri (axes of change, mind to muscle, well-formed outcome dan matrix) langsung pada aktifitas, pekerjaan, otoritas dan tanggung jawab Anda sehari-hari.
  5. Bagaimana secara berkelanjutan menjaga tingkat aktualisasi diri Anda agar selalu meningkat?
  6. Bagaimana Anda selalu menularkan kemuliaan kinerja Anda kepada Tim?
  7. Bagaimana menjadikan diri Anda, pribadi yang selalu mempersembahkan kinerja dan prestasi selalu melebihi dari yang diharapkan?
  8. Bagaimana Anda menghubungkan kinerja-kinerja terbaik Anda dengan makna-makna kehidupan yang Anda memiliki, sehingga kebahagiaan paling hakiki, Anda temukan kembali?

Selamat beraktualisasi diri

 

Share

Contact Me

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Visitors Counter

TodayToday58
YesterdayYesterday81
This WeekThis Week592
This MonthThis Month2125
All DaysAll Days137716