Seberani Apa Anda? Atur Filter Anda

on . Posted in Reflection

Seberapa berani & tegar Anda menghadapi dunia ini, kendali ada di tangan Anda.

Dunia absolut ciptaan Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang, adalah dunia yang aman, penuh pembelajaran, penuh permaafan dan semua orang merdeka untuk gagal.

Yang membuat kita takut, ragu-ragu, khawatir dan merasa tidak aman, adalah karena filter yang sedang kita pakai.

Salah satu filter yang biasa menjadi penyebab adalah filter generalisasi.

Filter Generalisasi adalah filter yang dipakai untuk menyaring fakta dunia absolut dengan mengkategorisasikannya berdasarkan definisi, nama, periodisasi, frekuensi, konsep dan kriteria-kriteria personal yang dimiliki.

Contoh 1:

Kasus 1: Mukidi (bukan nama sebenarnya) suatu saat pernah hampir tertabrak oleh sebuah mobil berwarna hitam. Peristiwa tersebut membuatnya takut dan kaget. Hingga akhirnya setiap kali melihat mobil berwarna hitam, pikiran dan perasaannya berubah menjadi ketakutan atau traumatik.

Pernyataan: Setiap melihat mobil berwarna hitam, jantung saya langsung berdebar-debar dan keringat dingin saya keluar

Akibat: Fakta absolut bahwa setiap mobil hitam hanyalah mobil yang berwarna hitam dan tidak memiliki makna-makna menakutkan menjadi hilang. Setiap mobil hitam digeneralisasi dan dikategorikan sebagai sesuatu yang berbahaya dan secara psikologis berubah menjadi trauma.

Defilterisasi: Bagaimana Anda tahu bahwa setiap mobil hitam bakal menabrak Anda? Adakah sebuah kemungkinan sebuah mobil hitam dikemudikan oleh orang yang sangat hati-hati dan tidak akan menabrak Anda?

Contoh 2:

Kasus 2: Markonah (bukan nama sebenarnya) suatu saat pernah dikecewakan dan disakiti oleh seorang laki-laki teman dekatnya. Hingga akhirnya setiap kali melihat laki-laki, pikiran dan perasaannya berubah dan berasumsi bahwa semua laki-laki adalah makhluk yang berbahaya.

Pernyataan: Setiap melihat laki-laki, jantung saya langsung berdebar-debar, marah dan merasa tidak aman.

Akibat: Fakta absolut bahwa tidak semua laki-laki suka menyakiti, mengecewakan dan membahayakan menjadi hilang. Setiap laki-laki digeneralisasi dan dikategorikan sebagai sesuatu yang berbahaya dan secara psikologis berubah menjadi trauma.

Defilterisasi: Bagaimana Anda tahu bahwa setiap laki-laki membahayakan Anda? Adakah sebuah kemungkinan di dunia ini terdapat seorang laki-laki yang baik dan penyayang?

HIKMAH:

Dengan filter generalisasi, Mukidi dan Markonah telah berinvestasi dengan ketakutan-ketakutan yang tidak perlu, yang mungkin akan menghalangi kesuksesannya.

  1. Ketakutan-ketakutan apa yang sering Anda alami?
  2. Apakah ketakutan Anda membuat Anda lebih berdaya?
  3. Apakah itu akibat dari sebuah filter generalisasi?
  4. Difilterisasi seperti apa yang bisa Anda lakukan?

Sumber: Materi Training Coaching Esssentials - Bab: Model Komunikasi Neuro-Semantics

image courtesy: seeing-star.com

Share

Contact Me

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Visitors Counter

TodayToday58
YesterdayYesterday81
This WeekThis Week592
This MonthThis Month2125
All DaysAll Days137716